Senin, 20 Juni 2011

Konsep Pendidikan Umum (General Education)


Pendidikan yang berkenaan dengan pengembangan keseluruhan kepribadian seseorang dalam kaitannya dengan masyarakat dan lingkungan hidupnya. Program pendidikan yang membina dan mengembangkan seluruh aspek kepribadian siswa dan mahasiswa.
Pendidikan umum merupakan pendidikan yang komprehensif, yaitu mendidik kepala, hati dan tangan (sasaran yang disentuh : rasio, rasa, dan tingkah laku).
Philip H.Phenix (1963:8) merumuskan tujuan pendidikan umum, yaitu “ A complete person should be skilled in the use of speech, symbol and gesture, factually well informed, capale of creating and apresiating object of esthetic significance, endowed with a rich and decision snd to judge between right and wrong an possed of an integral out look “. Artinya manusia yang memiliki kemampuan dalam menggunakan kata-kata, simbol, isyarat, dapat menerima informasi factual, dapat melakukan dan mengapresiasi objek-objek seni, memiliki kemampuan yang bijaksana, dapat mempertimbangkan antara yang benar dan yang salah serta memiliki pandangan yang integral.
Latar belakang lahirnya general education, reaksi terhadap kecenderungan masyarakat modern yang mendewakan produk teknologi dan cenderung mengabaikan nilai-nilai kemanusiaan sebagai akibat dari produk sistem pendidikan yang sekuler, yaitu pendidikan yang mementingkan pengembangan spesialisasi, sementara pengembangan nilai-nilai kemanusiaan yang bersifat universal nyaris terabaikan.
Seharusnya, meurut Philip H.Phenix (1964:6), enam pola makna bagi segenap mahasiswa :
Makna symbolic, yaitu kemampuan berbahasa dan berhitung,
Makna empirics, yaitu kemampuan untuk memaknai benda-benda melalui proses penjelajahan dan penyelidikan empiris,
Makna estethics, yaitu kemampuan memaknai keindahan seni dan fenomena alam,
Makna ethics, yaitu kemampuan memaknai baik dan buruk,
Makna synoetics, yakni kemampuan berfikir logis, rasional sehingga dapat memaknai benar dan salah,
Makna synoptic, yaitu kemampuan untuk beragama atau berfilsafat.
Keenam pola makna di atas dikemas dalam bentuk General Education (pendidikan umum).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar