Senin, 20 Juni 2011

Manusia dan Lingkungan


Tujuan pembelajaran yang diharapkan dari topik ini
Agar mahasiswa memahami peranannya dalam pengembangan dan pemeliharaan lingkungan, bagaimana pengaruh lingkungan bagi diri dan masyarakat serta bagaimana bila manusia pengembangkan lingkungan tanpa dilandasi nilai-nilai moral, etika dan religi
Pengertian manusia dan lingkungan
Manusia adalah mahlukhidup ciptaan tuhan dengan segala fungsi dan potensinya yang tunduk kepada aturan-aturan sedangkan lingkungan merupakan suatu media dimana mahluk hidup tinggal, mencari penghidupan  dan memiliki karakter serta fungsi yang khas.
relasi manusia dan lingkungan adalah hubungan yang timbal balik dan simbiotik mutualisme. saya sebut timbal balik dan simbiotik mutualisme karena manusia hidup dialam lingkungan hidup dan alam sebagai lingkungan hidup juga membutuhkan manusia untuk pelestarian. jadi, manusia butuhalam untuk kehidupannya dan alam juga membutuhkan manusia untuk pelestariannya.
Manusia memang dijadikan oleh Allah sebagai khalifah atau pengganti atau yang menggantikan. Allah menjelaskan dlm surat Al-Baqoroh : 36, berbunyi “wa idz qaro robbuka lil malaikati inni jaitun fil ardhi khalifah. Yang artinya : “ Dan ketika Tuhanmu berkata kepada malaikat, sesungguhnya aku kan menciptakan khalifah di dunia. “
Malaikat ketika itu tidak sepakat dan kemudian bertanya pada Allah SWT, apakah makhluk itu tidaka akan melakukan kerusakan di bumi dan menumpahkan darah, padahal kami, para malaikat selalu melakukan pujian. Akan tetapi Allah menyatakan bahwa dia lebih mengetahui apa yang mereka tidak ketahui.
Di dalam konsepsi islam, maka terdapat dua fungsi manusia di dalam kehidupannya, yaitu :
-     Pertama adalah sebagai abdun atau hamba Allah dan
-     Kedua sebagai khalifah atau wakil Allah dibumi
Di dalam fungsi pertama, maka fungsi manusia adalah untuk melakukan pengabdian dan di dlam fungsi kedua sebagai khalifah maka manusia memiliki fungsi amanah, tanggung jawab, wewenang, kebebasan dan menentukan pilihan dan kreatifitas akal.
Jika sebagai hamba, maka yang lebih besar adalah untuk kepentingan individunya, maka sebagai khalifah maka fungsi manusia lebih banyak untuk diluar dirinya, manusia lain dan alam seluruhnya.

Lingkungan Hidup Manusia
Manusia hidup, tumbuh dan berkembang dalam lingkungan alam dan sosial budayanya. Dalam lingkungan alamnya manusia hidup adalah sebuah ekosistem yakni suatu unit atau satuan fungsional dari makhluk-makhluk hidup dengan lingkungannya. Dalam ekosistem terdapat komponen abiotik pada umumnya merupakan faktor lingkungan yang mempengaruhi makhluk-makhluk hidup diantaranya :
1.    Tanah
2.    Udara
3.    Air
4.    Cahaya
5.    Suhu
Sedangkan komponen biotik diantaranya adalah :
1.      Produsen
2.      Konsumen
3.      Pengurai
Selain itu di dalam lingkungan terdapat faktor – faktor berikut :
1.      Rantai makanan
2.      Habitat
3.      Populasi
4.      Komunikasi
5.      Biosfer
Pengaruh Manusia Pada Alam Lingkungan Hidupnya
Perubahan lingkungan hidup manusia akan berpengaruh baik secara positif ataupun negatif berpengaruh bagi manusia karena manusia mendapatkan keuntungan dari perubahan tersebut dan berpengaruh tidak baik karena dapat mengurangi kemampuan alam lingkungan hidupnya untuk menyokong kehidupannya.
Sumber Alam
Sumber alam dapat digolongkan ke dalam dua bagian yaitu :
1.      Sumber alam yang dapat diperbaharui, contoh makhluk hidup, hutan, hewan-hewan dan tumbuhan.
2.      Sumber alam yang tidak dapat diperbaharui, contoh bahan-bahan galian, mineral, minyak bumi.


Penggunaan Sumber – Sumber Alam
Berbagai cara telah dilakukan manusia dalam menggunakan sumber-sumber alam berupa tanah, air, fauna, flora, bahan-bahan galian dan sebagainya.
Kerusakan lingkungan oleh aktivitas manusia yang makin meningkat, antara lain tercemarnya lingkungan oleh pestisida serta limbah industri dan transfortasi, rusaknya habitat tumbuhan dan hewan langka, serta menurunya nilai estetika alam, merupakan beberapa maslh lingkungan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar