Senin, 20 Juni 2011

Pengertian Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya


Sumber dari semua ilmu pengetahuan adalah filsafat (philosophia). Dari filsafat lahir tiga cabang ilmu pengetahuan, yakni :
Ø  Natural Science (ilmu-ilmu alam meliputi : fisika, kimia, biologi, dll)
Ø  Social Science (ilmu-ulmu sosial meliputi : sejarah, politik, ekonomi dll)
Ø  Humanities (ilmu-ilmu budaya  meliputi : bahasa, agama, kesenian dll)
Ilmu sosial dinamakan demikian karena ilmu tersebut mengambil masyarakat atau kehidupan bersama sebagai objek yang dipelajarinya.  Objek sosial science adalah manusia sedangkan yang membedakan antara ilmu-ilmu sosial adalah focus of interest (pusat penelitian). Misalnya, ilmu sosial yang menjadi pusat yang dipelajarinya adalah usaha-usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan materinya dari bahan-bahan yang terbatas ketersediaannya. Ilmu politik pusat perhatiannya mengenai kekuasaan manusai, dst.
Ilmu budaya adalah suatu ilmu pengetahuan mengenai aspek-aspek yang paling mendasar dalam kehidupan manusia sebagai makhluk berbudaya (homohumanus) dan masalah-masalah yang menyertainya, sering disebut sebagai humanities yang merupakan pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan tentang konsep-konsep yang dapat digunakan untuk masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar